*ROBERT R. RANDAKILA,S.KOM* /> *0853 1841 1611*

Wednesday, February 22, 2012

Sambungan Bab II Tugas Akhir

Sambungan Bab II Tugas Akhir




2.1.6 sistem keamanan jaringan
Yang dimaksud dengan metode akses adalah suatu card yang dipakai jaringan untuk mengakses data atau mengambil data yang diperolehnya dari jaringan. Perlu ada yang mengatur bahwa hanya saluran terminal yang mengatur jaringan atau jika beberapa terminal memakai jalur jaringan yang lama, perlu ada pengaturan giliran pemakai sehingga data dapat dikirimkan dengan benar.
Ada beberapa metode akses yang di gunakan dalam LAN, metode-metode ini adalah sebagai berikut:
1.        CSMA/CD(Carrier Sense Multiple Access/ With Collisiondetection)
Metode paling banyak digunakan pada topologi bus atau linear bus, pada cara ini setiap sistem path suatu jaringan sebelum menggunakan jaringan akan memeriksa apakah jaringan tersebut sedang dipakai atau tidak (carrier sense), bila bebas ia akan segera mengirimkan data yang dikehendakinya beserta alamat yang dituju. Data akan dikirimkam semua terminal atau sistem dan terminal yang alamatnya sesuai akan mengambil data tersebut.
Bila secara bersamaan ada terminal lain yang akan mengirimkan data, maka akan tcrjadi tabrakan dan hal ini dapat dideteksi oleh terminal pengirim (collisiondetection). Terminal pengirim data tersebut akan menghentikan pengiriman dan menunggu sampai saluran kosong kembali, yaitu untuk menghindari benturan berikutnya.
Keuntungan :
Data yang dikirimkan praktis segera diterima oleh terminal atau sistem yang dituju, karena hanya ada penundaan yang singkat pada dasarnya adalah waktu untuk menempuh jarak daripengirim ke pengirim ke penerima, dan Cara ini sederhana dalam pelaksanaannya.
Kelemahan :
Terbatasnya jumlah terminal dan laju data tinggi dan hanya pada saat lalu lintas data tidak padat.

2.Token Ring
Cara kerja metode ini adalah data akan masuk ke semua terminal dalam jaringan, tetapi data hanya akan dikirimkan oleh terminal yang akan mengirimkan data lalu terminal yang akan mengirimkan informasi menangkapnya dan mengubah token menjadi tidak babas dan menggabungkan informasi tersebut ke token dan token kembali beredar kesepanjang lingkaran menuju terminal lain yang akan mngirimkan informasi berikutnya. Hanya satu pesan dapat dikirim pada saat yang sama oleh sebuah terminal pengirim data, Metode token ring ini menghindari tabrakan antara dua terminal saat keduanya mencoba mengirim data pada saat yang sama.
Kelebihannya:
Dengan adanya pengontrol metode topologi ring, setiap terminal mempunyaikesempatan yang sama untuk mendapatkan giliran. Suatu terminal dapat rnemperoleh prioritas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain untuk memakai token lebih lama.

Kelemahan:
Adanya waktu yang terpakai untuk memantau token dalam jaringan
3 Token Bus
Pada cara ini akan beredar pada jaringan sampai sebuah terminal yang akan mengirimkan data menangkapnya dan memintanya untuk mengirimkan data tersebut ke alamat penerima.Pengirim melepas token tadi dan token kembali dalam jaringan untuk selanjutnya menuju pengiriman data selanjutnya, secara fisik semua terminal atau sistem komputer dengan mcnggunakan topologi bus, tetapi secara logika mereka saling dihubungkan secara ring dengan urutan angka yang telah ditentukan terlebih dahulu. Token akan dikirim secara logika dari terminal yang satu ke terminal yang lain berdasarkan urutan angka artinya token bergerak dari alamat terendah kealamat tertinggi.Jadi hanya satu terminl yang mendapat kesempatan untuk mengirimkan data. Kelemahan dari metode ini terletak pada pemakaian waktu yang diperlukan untuk pemantauan jaringan terhadap gerak token. Hilangnya data karena duplikasi informasi atau monopoli pemakaian jaringan oleh satu terminal sehingga topologi ring logika yang terbentuk harus terbentuk kembali, jika terjadi kegagalan akan mengganggu urutan yang telah diatur dan proses kembali lambat. Di bandingkan jenis LAN yang lain. Dibandingkan dengan jenis LAN yang lain jenis masih belum banyak di gunakan.

2.2. Analisa Jaringan
PKL/Riset dilakukan mulai daritangga 4 juli sampai dengan 6 juli 2011 bertempat di PT.Telekomunikasi Jakarta Timur yang beralamat di jln.panjaitan no.42, kav 42 Prumpung, Jakarta Timur. Adapun sistem LAN yang digunakan pada PT.Telkom Jakarta Timur yang ditangani secara khusus oleh  devisi IT teknisi yang memiliki tugas utama melakukan pementauan, pengendalian, menjaga keteraturan dan keseimbangan pola kerja masing-masing komputer. Dengan demikian dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam penentuan dan penggunaan komputer yang lebi efisien dan efektif. LAN yang di gunakan pada PT.Telkom Jakarta Timur yaitu untuk pemeliharaan dan pengolahan data yangf ada pada masing-masing userdalam komputer sehingga dapat mempercepat kinerja karyawan jika data tersebut akan digunaka.

2.1.1 Tinjauan Umum Perusahaan
Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi di Indonesia sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Hal ini ditandai dengan pengoperasian perdana layanan telegraph elektromagnetik dari Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada tahun 1856. Telkom yang waktu itu bernama Post Telegraaf en Telefoondients (Jawatan Pos, telegraf dan Telepon) sangat berperan besar saat Indonesia mendeklerasikan kemerdekaannya. Telkom menjadi penentu terbesarnya deklarasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia melalui Stasiun Radio Pemancar PTT di Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat.
Seiring perjalanan zaman dan perkembangan bangsa, Telkom selalu meniringnya dengan kontribusi nyata dan manfaat yang besar bagi bangsa. Telkom telah membangun pondasi komunikasi dengan dibangunya beberapa sentral telepon yang menjadi sarana komunikasi baik sambung lokal, interlokal maupun imternasional sampai diluncurkannya Satelit Komunikasi Palapa pada 9 Juli 1979 yang menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga di dunia yang meluncurkan Satelit amerika dan Kanada.
Terus tumbuh dan berkembang adalah salah satu identitas Telkom. Secara kelembagaan perusahaan ini selalu bertransformasi. Saat lahir, Telkom memiliki format sebagai sebuah insitusi dengan nama PTT (Post Telegraaf en  Telefoondiens) di tahun 1906, lalu berubah menjadi PN Ponsel Pada tahun 1961.
Di tahun 1965, terjadi pemisahan PN  Tel dari PN Pos. 9 tahun kemudian, tepatnya tahun 1974, PN Tel berubah menjadi PT. Telekominikasi Indonesia. Dan sejak 1995, PT. Telekominikasi Indonesia menjadi perusahaan publik (perusahaan terbuka) hingga saat ini. Tak hanya dari segi kelembagaan, tranfosmasi Telkom juga menyentuh aspek bisnis sesuai dengan perubahan lingkungan dan tuntutan industrinya. Bisnis Telkom yang semula hanya mengoperasikan telegraf, kemudian layanan telepon, Telkom beranjak ke bisnis FMM (Fixed Mobile & Multimedia) dan kini beroperasi di portofolio TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutaiment).
Telokom memiliki sejarah panjang dan mengakar di benak seluruh bangsa Indonesia. Sekalipun beberapa milestonepenting telah dilalui Telkom, namun awal pelayanan jasa telekomunikasi berupa layanan telegraph elektrpmagnetik pertama di Indonesia menandakan dimulainya era baru bagi bangsa ini untuk melakukan komunikasi melalui sebuah teknologi modern saat itu. Pengoperasian perdana telegraph elektromangnetik yang menghubungkan Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada 23 Oktober 1856 telah menjadi awal mula pelayanan jasa Telekomunikasi di negeri ini. Oleh karena itu tanggal tersebut ditetapkan menjadi hari jadi Telkom.
Penentuan tanggal 23 Oktober sebagai hari jadi Telkom bukan alasan yang kuat dan mendasar. Tanggal kelahiran Telkom ditentukan setelah melakukan beberapa study literatur mendalam ke beberapa sumber autentik, diskusi dengan para sesepuh dan pendahulu,  dan beberapa pembahasan dengan manajemen yang akhirnya pada Rapat Gabungan (Ragab) antara Direksi dan komisaris Telkom tanggal 25 Pebruari 2009, maka manajemen memutuskan tanggal tersebut sebagai hari jadi Telkom.
Hari jadi Telkom diluncurkan dan diperingati untuk pertama kalinya pada 23 Oktober 2009 sebagai hari ulang tahun Telkomyang ke 153 bersamaan dengan peluncuran new Telkom. Dikatakan new Telkom karena kita memiliki business portfolio yang baru, carporate ID/Brand baru, positioning baru dan tagline yang baru pula.
Kini Telkom menjadi satu-satunya operator TIME di Indonesia yang memiliki visi untuk menjadi pemain regional yang handal. Diharapkan dengan ini jati diri Telkom menjadi semakin jelas dan semakin menampakkan eksistensi serta karyanya bagi banngsa, negara dan kita semua.
Berikut ini adalah Struktur Organisasi pada Kandatel PT.Telkom Jakarta Timur, Tbk, sebagai berikut:s


3.3.      Blok Diagram Jaringan
Sebuah rangkaian kerja terkomputerisasi dengan satu server,satu komputer sebagai server program, 5 komputer sebagai workstation dengan 1 printer di ruang Manager dan 2 printer diruang Staff yang membentuk LAN.Berikut gambar rangkaian pemprosesan data dan penyampaian data setelah diproses di department Purchasing.

      






Proses kerja LAN pada    PT.Telkom Jakarta Timur yaitu saling mengambil data dan memberikan data antar workstation.Alamat IP yang digunakan adalah kelas A yaitu rentang IP Address antara 1-126 pada server,maka alamat IP berikutnya tinggal mengurutkan saja.LAN pada tempat dimana penulisan melakukan PKL/Riset menggunakan TCP/IP atau pengalamatan standard yang digunakan untuk kesemua peripheral yang ada.
Jika telah terinstal biasanya protocol Netbeui tidak membutuhkan konfigurasi lebih lanjut untuk membuat bekerja.Namun dengan TCP/IP anda harus memeriksa sejumlah setting untuk memastikan komputer-komputer  dijaringan biasa terkoneksi.

2.2.3. Spesifikasi Prangkat keras

Spesifikasi perangkat kerasdalam hal ini adalah sebuah analisa LAN yang terpasang pada tempat penulis melakukan PKL/Riset yaitu PT. Telkom JakartaTimur Dimana ruang kantor dibagian Purcaching Order dengan menggunakan 21 komputer yang terkoneksi dalam LAN. Adapun spesifikasi LAN yangada yaitu
1. Komputer  Server
Spesifikasi server yang dipakai pada tempat penulisan melakukan PKL/Riset  adalah : Prosessor Intel Xeon 3.4 GHz processor standard (up to 2 supported,integrated 2Mb level 2 cache,standard memori 512 MB PC2-3200 DDR2 SDRAM (400MHz),NC7761 PCI Gigibit NIC (embedded),integrated dual channel ultra 320 SCSI adapter,hard drive none ship standard (up to 6 supported),internal storage 24 TB maximum hot plug SCSI 9with optional drive cage & hard drives0,48x IDE (ATAPI) CD-ROM Drive,144 MB Diskette Drive,tower dan menggunakan windows 2003

2.     komputer client
Kecepatan sebuah laju dalam jaringan computer sangat di pengaruhi oleh spesifikasi computer yang terangkai dalam jaringan ,spfisikasi computer client dalam jarngan sangat beragam , untuk mengetahui  secara detail masing-masingkomputer client  penulis mngambil salah satu computer di ruang server yang spesifikasinya cukup mewakili computer-komputer client dan untuk IP addreas dibuat secara obtain/otomatis.
Motherboard
ECS GF7050VT-MS
Prosesor
Dual core 2.2 Ghz
Memory
V-GEN 512 MB
Hard disk
SEAGATE 80 GB
Lan card
ON BOARD
Vga
ON BOARD
Sound card
ON BOARD
Monitor
SAMSUNG 14”
Keyboard
LOGITECH PS/2
Mouse
LOGITECH PS/2


1.        Workstation
Komputer-workstation pada LANyang penulis analisa mempunyai spesifikasi yang sama dengan komponen sebagaiberikut .Processor intel Pentium IV,2.xx Ghz,RAM 1 Gbyte,Harddisk 160 gyga Byte,VGA onboard 64 M,disk drive 3,5 floppy,monitor LCD 17”,keyboard dan mouse jenis serial,modem
onboard,system operasi yang dipakai adalah Micrososft windows Xp service pack2.
4.  Media Transmisi
Kabel dalam sebuah jaringan digunakan sebagai media transmisi.Meskipun sekarang sudah ada teknologi  tanpa kabel (wireless) namun dalam sebuah perusahaan kabel masih efektif digunakan karena lebih mudah dalam pengoperasiannya,seperti halnya pada PT. Telkom Jakarta Timur,dimana jenis kabel yang digunakan adalah kabel UTP RJ-45.
Pemasangan media transmisi berupa kabel ini memang tidak terlalu sulit apabila kita mengetahui caranya.Namun demikian kita tetap harus berhati-hati dalam memasang kabel ini karena jika kabel konektor sudah terpasang tidak bisa dibuka kembali dan untuk memperbaiki kita harus memotong kembali kabel tersebut dan konektor RJ-45 akan terbuang.
Berikut aturan pemsangan kabel dalam sebuah jaringan:
a.        Ukuran kabel UTP dari hub ke server,maksimal 8 meter
b.Ukuran panjang kabel UTP dari hub keworkstation diruang server,maksimal 12 meter
c.         Panjang kabel UTP dari hub ke workstation pada ruangan lain maksimal 100 meter. Urutan Kabel pada PT. Telkom Jakarta Timuradalah sebagai berikut :
Ada 2 jenis tipe pemasangan kabel UTP pada konektor RJ-45 yaitu tipe straight dan tipe cross.Sama halnya yang terpasang pada :PT.Telkom Jakarta Timur
1.      Tipe Straight
Tipe straight artinya ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang sama sesuai dengan standar EIA/TIA 568B.Tipe ini digunakan untuk menghubungkan antara PC ke Switch,Router ke Swicht,Router ke Hub dan PC ke HUB


2. Tipe Cross
      Penyusunan kabel secara silang digunakan untuk koneksi antara PC ke PC,Switch/HUB ke Switch/HUB dan PC ke Route 

6.  Kartu Jaringan atau LAN Card
Secara kasat mata LAN Card dapat kita kenali dengan mudah dari bentuknya yang umumnya memiliki port seperti yag terdapat pada telepon namun sedikit lebih besar.Seperti halnya LAN Card yang digunakan pada  PT. Telkom Jakarta Timur
adalah onboard,dimana kartu jaringan tersebut telah terpasang pada mainboardnya (satu paket dengan mainboad).
Setelah LAN Card terpasang pada komputer,langkah selanjutnya adalah mengecek apakah LAN Card sudah dikenali oleh operating system computer caranya adalah:
1. Buka Windows Explore,klik Start – All Program – Accessories – Windows Explorer dapat juga melalui klik kanan pada Start Menu kemudian klik Explore pada menu pop-up yang muncul.
2. Setelah jendela Windows Explore terbuka,klik kanan My Computer dilanjutkan  dengan meng-klik Properties pada menu pop-up.
3.   Berikutnya akan ditampilkan jendela System Properties
4.   Klik tab Hardware lalu klik tombol Divice Manager.
5.  Berikutnya akan tampil jendela Divice Manager
6. Selanjutnya kliklah pada bagian Network Adapters,jika ada tulisan …Ethernet Adapter,berarti LAN Card sudah dikenali oleh operating system.jika sudah yakin klik tombol Close saja.
3.2.5  Topologi 
Topologi yang digunakan dalam jaringan yang terbentuk pada PT.Telkom Jakarta Timur adalah topologi bintang dengan pertimbangan kemudahan akses kedalam jaringan dan keamanan data tinggi.namun kelemahan dari topologi ini adalah apabila system server mati,maka diuser akan jugs mati.
7.   Hub
Hub pada tempat penulisan melaksanakan PKL/Riset diperlukan,sebab dalam LAN yang ada terdapat banyak computer workstation,proses data yang pertimbangan kemudahan adalah D-Link 16 port.hub yang di gunakan pada Telkom Jakarta Timuradalah D-Link 24 port.
8.   Printer
Printer yang digunakan pada tempat penulisan melaksanakan PKL/Riset di bagian purcaching order  yaitu Epson LQ 2180 dan Stylus C90.
9.Acces point
            Acces point bisa di analogikan dengan hub atau repeater (pada wired LAN)  acces point dapat menerima dan meneruskan sinyal dari/ke berbagai peralatan WIFI, acces point juga dapat menggabungkan jaringan wireless dengan wired dan dapat memperbesar WLAN.
            Adapun jenis acces point yang di gunakan pada jaringan PT.Telkom jakarta timur  adalah acces point lynksys Wa-2360AP.
Sumber:Darianto Drs, 2003
Gambar: access point

2.2.3spesifikasi perangkat lunak
          Spesifkasi perangkat lunak yang digunakan pada PT.T elkom Jakarta Tmur adalah sebagai berikut:
A.       Komputer Seever
Tabel II…. spesifikasi perangkat lunak server
Operating System
Windows server 2003 R2 (5.2,built 3790)
Data Base System
MS SQL SERVER 2005
Anti Virus
Kaspersky 6.0 for windows server

Sumbert: staff  IT  PT.Telkom Jakarta timur
B.        Computer Client
Tabel II…. Spesifikasi perangkat lunak Client
Operating system
Windows XP professional SP2
Anti Virus
Smadav , Avira dan Ansav
Application
Open office, firefox,adobe reader dll
 Sumber:staff IT PT.Telkom Jakarta Timur


2.2.4        Keamanan jaringan
Setelah penulisan melakukan PKL/Riset dan metode dalam penulisan ini,dalam menganalisa system LAN pada PT.Telkom Jakarta Timur.Beberapa hal yang bisa penulis analisa adalah :
Sistem LAN yang terdapat pada PT.Telkom Jakarta Timuradalah jenis client-server,client adalah komputer yang terhubung ke server untuk menggunakan sumber daya yang ada (workstation) sedangkan server yang digunakan ada 1 unit yang terdapat disamping ruang kerja departemen office ,server ini adalah sebuah computer yang dilengkapi software khusus yang mengawasi segala sesuatu dijaringan.komunukasi antar client harus log on ke server,sebelum client tersebut bisa menggunakan sumber daya yang terpasang pada server.Server dalam hal ini mengotentikan client apakah computer client tersebut mempunyai izin untuk masuk kejaringan.server melakukan dengan memeriksa nama log on pengguna terhadap database pengguna sah yang dibuat oleh administrator jaringan.jika user name-nya ada di database,client tersebut dapat menggunakan sumber daya yang ada pada server.
Disamping keamanan yang bisa didapat pada jaringan, jaringan client server juga memberikan keuntungan sebagai berikut:
a.         Server bisa berperan sebagai lokasi penyimpanan pusat yang bisa di jangkau setiap orang di dalam jaringan. Karena server selaluhidup, kita bisa menggunakan  untuk menyimpan gambar, file yang di dowload dari internet dan dokumen lain yang ingin digunakan bersama oleh setiap pengguna. File-file selalu tersedia bagi pengguna yang diautentifikasi oleh server
b.        Kita bisa memproteksi file dengan password. Server akan akan mengotensi pengguna sebelum bisa mengakses server, mereka juga membutuhkan password untuk file yang suda di proteksi.
c.         Kita bisa memanggil dan menjalankan applikasi dari server bukan mengistalnya keseluruhan. Dengan cara ini kita bisa yakin orang di jaringan menggunakan program yang sama dan bisa berbagi file dengan mudah selain itu juga bisa memperbaharui sebuah program dari versi sebelumnya hanya dengan update diserver. Namun menjalankan aplikasi diserver bisa menurunkan kinerja jaringan secara keseluruhan khusnya jika banyak penguna yang mengakses aplikasi tersebutn secara bersama.
d-Server pada jaringan client server bisa berperan sebagai pusat pesan untuk email dan diskusi. Kita bisa meninggalkan sebuah pesan pada server yang bisa dibaca dan direspon setiap pengguna dijaringan

2.2.5        permasalahan pokok
permasalahan pokok pada sistem jaringan yang ada pada PT.Telkom Jakarta Timur adalah sebagai berikut:
1.    Lambatnya proses login clien pada saat star awal koneksi ke jaringan dan terkadang login clien error
2.    Masih digunakannya hub pada salah satu rangkain yang ada di ruang administrasi yang dirasa kurang efektif untuk sistem jaringan pada PT. Telkom jakarta Timur yang sangat mementingkan akses cepat.
3.    Kerusakan kabel jaringan dan RJ45 pada beberapa clien karena masa pemakaian yang cukup lama yang mengakibatkan sering putusnya koneksi client dengan server.

Didalam perkembangan LAN yang ada pada PT.Telkom Jakarta Timursudah lebih dari cukup untuk disesuaikan dengan kebutuhan yang ada lewat penggunaannya.Hanya saja terkadang  masih saja terjadi system server mati.sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam entri data, dan juga terkadang terjadi higth load.

2.2.6    Pemecahan Masalah
Pada sebagian besar jaringan jenis client server.komputer hanya akan di khususkan pada tugas sebagai server dan tidak digunakan sebagai tempat untuk pekerjaan sehari-hari. Pekerjaan yang dilakukan server dan informasi yang disimpan di dalamnya hanya yangsangat penting saja, dalam hal ini kita tidak bisa mempertaruhkan kehilangan informasi apapun dengan memperbolehkan staf untuk menggunakan komputer server sebagai komputer pribadi mereka.langkah yang juga perlu diambil yaitu dengan menambah memori pada setiap komputer.
Pencegahan jika komputer server mati hanya diperuntukkan jika terjadi hilang daya akibat matinya listrik yaitu dengan pengadaan UPS yang bisa menghindari kehilangan data atau rusaknya sistem akibat matinya komputer yang tidak sesuai prosedur. Dalam hal ini penggunaan UPS sudah menjadi standard baku pada jaringan.
Serta setiap permasalah yang ada pada jaringan terutama pada koneksi antara server dan client adalah:
1.        maintenecea server baik dari segi perangkat keras ataupun perangkat lunak yaitu dengan memperbaiki atau menganti perangkat keras yang sudah tidak layak pakai dan untuk perangkat lunak bisa dengan cara men-disable sebagian dari GPO (group police object) pada windows server 2003 yang di tujukan untuk melakukan konfiguration dan user configuration. Dengan men-disbel sebagian dari configuration  yang tidak di gunakan lagi, otomatis akan membuat proses login lebih cepat.
2.        Mengganti hub dengan switch  untuk mempercepat akses data , adapun switch yang di susulkan yaitu switch linksys SD2011 16 port.
3.    Mengganti kabel jaringan serta RJ45 yang sidah tidak layak pakai.

1.2.7. Skema Jaringan Usulan
Pada gambar usulan diagram blok jaringan yang menjadi perbedaan  dengan diagram blok jaringan yang ada pada PT.Telkom jakarta Timur adalah sudah tidak di gunakan perangkat hub sebgai penghubng tetapi di lakukan pergantian dengan perangkat switch , karena switch tidak mempengaruhi bandwindth yang tersedia untuk setiap port.
1.2.8. Analisa Biaya
Untuk mengatasi permasalahan –permasalahan yang ada pada sistem jaringan pada PT.Telkom jakarta Timur tentunya memerlukn anggaran biaya untuk pembelian perangkat jaringan yang belum ada atau pergantian perangkat jaringan yang sudah tidak layak pakai, berikut perkiraan anggaran biaya yang di perlukan:

Nama barang
jumlah
harga satuan
total harga
Switch linksys sd2011 16 port
1
RP.550.000
RP.550.000
Amp cabel utp cat 5e(100mter)
5
RP.305.000
RP,1.525.000
Rj45 ori amp/50 pcs
5
RP. 100.000
RP, 100.000

TP-Link TL-R480T+

2
RP, 1.098.000
RP 2.960.000
HL-2150N
Printer Laser Mono
1
Rp 1.817.301
Rp 1.817.301

Total biaya:
RP.10.301.000

No comments:

Post a Comment