2.1.6 sistem keamanan jaringan
Yang dimaksud dengan metode akses adalah
suatu card yang dipakai jaringan untuk mengakses data atau mengambil data yang diperolehnya dari
jaringan. Perlu ada yang mengatur bahwa hanya saluran terminal yang mengatur
jaringan atau jika beberapa terminal memakai jalur jaringan yang lama, perlu
ada pengaturan giliran pemakai sehingga data dapat dikirimkan dengan benar.
Ada
beberapa metode akses yang di gunakan dalam LAN, metode-metode ini adalah
sebagai berikut:
1.
CSMA/CD(Carrier
Sense Multiple Access/ With Collisiondetection)
Metode paling banyak digunakan pada topologi bus atau
linear bus, pada cara ini setiap sistem path suatu jaringan sebelum menggunakan jaringan akan memeriksa apakah
jaringan tersebut sedang dipakai atau tidak (carrier sense), bila bebas ia akan
segera mengirimkan data yang dikehendakinya beserta alamat yang dituju. Data
akan dikirimkam semua terminal atau sistem dan terminal yang alamatnya sesuai
akan mengambil data tersebut.
Bila secara bersamaan ada terminal lain yang akan mengirimkan data, maka akan
tcrjadi tabrakan dan hal ini dapat dideteksi oleh terminal pengirim (collisiondetection). Terminal pengirim data tersebut akan menghentikan
pengiriman dan menunggu sampai saluran kosong kembali, yaitu untuk menghindari
benturan berikutnya.
Keuntungan :
Data yang dikirimkan praktis segera diterima oleh terminal atau sistem
yang dituju, karena hanya ada penundaan yang singkat pada dasarnya adalah waktu
untuk menempuh jarak daripengirim ke pengirim ke penerima, dan Cara ini
sederhana dalam pelaksanaannya.
Kelemahan :
Terbatasnya jumlah terminal dan laju
data tinggi dan hanya pada saat lalu lintas data tidak padat.
2.Token Ring
Cara kerja metode ini adalah data akan masuk ke
semua terminal dalam jaringan, tetapi data hanya akan dikirimkan oleh terminal
yang akan mengirimkan data lalu terminal
yang akan mengirimkan informasi menangkapnya dan mengubah token menjadi tidak
babas dan menggabungkan informasi tersebut ke token dan token kembali beredar
kesepanjang lingkaran menuju terminal lain yang akan mngirimkan informasi
berikutnya. Hanya satu pesan dapat dikirim pada saat yang sama oleh sebuah
terminal pengirim data, Metode token ring ini menghindari tabrakan antara dua
terminal saat keduanya mencoba mengirim data pada saat yang sama.
Kelebihannya:
Dengan adanya pengontrol metode topologi ring, setiap terminal mempunyaikesempatan
yang sama untuk mendapatkan giliran. Suatu terminal dapat rnemperoleh prioritas
yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain untuk memakai token lebih lama.
Kelemahan:
Adanya waktu yang terpakai untuk memantau token dalam jaringan
3. Token Bus
Pada cara ini akan beredar pada jaringan sampai sebuah terminal
yang akan mengirimkan data menangkapnya dan memintanya untuk mengirimkan data
tersebut ke alamat penerima.Pengirim melepas token tadi dan token kembali dalam
jaringan untuk selanjutnya menuju pengiriman data selanjutnya, secara fisik
semua terminal atau sistem komputer dengan mcnggunakan topologi bus, tetapi
secara logika mereka saling dihubungkan secara ring dengan urutan angka yang
telah ditentukan terlebih dahulu. Token akan dikirim secara logika dari
terminal yang satu ke terminal yang lain berdasarkan urutan angka artinya token
bergerak dari alamat terendah kealamat tertinggi.Jadi hanya satu terminl yang
mendapat kesempatan untuk mengirimkan data. Kelemahan dari metode ini terletak
pada pemakaian waktu yang diperlukan untuk pemantauan jaringan terhadap gerak
token. Hilangnya data karena duplikasi informasi atau monopoli pemakaian
jaringan oleh satu terminal sehingga topologi ring logika yang terbentuk harus
terbentuk kembali, jika terjadi kegagalan akan mengganggu urutan yang telah
diatur dan proses kembali lambat. Di bandingkan jenis LAN yang lain.
Dibandingkan dengan jenis LAN yang lain jenis masih belum banyak di gunakan.
2.2. Analisa Jaringan
PKL/Riset
dilakukan mulai daritangga 4 juli sampai dengan 6 juli 2011 bertempat di
PT.Telekomunikasi Jakarta Timur yang beralamat di jln.panjaitan no.42, kav 42
Prumpung, Jakarta Timur. Adapun sistem LAN yang digunakan pada PT.Telkom
Jakarta Timur yang ditangani secara khusus oleh
devisi IT teknisi yang memiliki tugas utama melakukan pementauan,
pengendalian, menjaga keteraturan dan keseimbangan pola kerja masing-masing
komputer. Dengan demikian dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam penentuan
dan penggunaan komputer yang lebi efisien dan efektif. LAN yang di gunakan pada
PT.Telkom Jakarta Timur yaitu untuk pemeliharaan dan pengolahan data yangf ada
pada masing-masing userdalam komputer
sehingga dapat mempercepat kinerja karyawan jika data tersebut akan digunaka.
2.1.1 Tinjauan Umum Perusahaan
Telkom sebagai perusahaan
telekomunikasi di Indonesia sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Hal ini
ditandai dengan pengoperasian perdana layanan telegraph elektromagnetik dari
Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada tahun 1856. Telkom yang waktu itu
bernama Post Telegraaf en Telefoondients (Jawatan Pos, telegraf dan Telepon)
sangat berperan besar saat Indonesia mendeklerasikan kemerdekaannya. Telkom
menjadi penentu terbesarnya deklarasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru
dunia melalui Stasiun Radio Pemancar PTT di Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat.
Seiring perjalanan zaman dan
perkembangan bangsa, Telkom selalu meniringnya dengan kontribusi nyata dan
manfaat yang besar bagi bangsa. Telkom telah membangun pondasi komunikasi
dengan dibangunya beberapa sentral telepon yang menjadi sarana komunikasi baik sambung
lokal, interlokal maupun imternasional sampai diluncurkannya Satelit Komunikasi
Palapa pada 9 Juli 1979 yang menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga di
dunia yang meluncurkan Satelit amerika dan Kanada.
Terus tumbuh dan berkembang adalah
salah satu identitas Telkom. Secara kelembagaan perusahaan ini selalu
bertransformasi. Saat lahir, Telkom memiliki format sebagai sebuah insitusi
dengan nama PTT (Post Telegraaf en
Telefoondiens) di tahun 1906, lalu berubah menjadi PN Ponsel Pada tahun
1961.
Di tahun 1965, terjadi pemisahan
PN Tel dari PN Pos. 9 tahun kemudian,
tepatnya tahun 1974, PN Tel berubah menjadi PT. Telekominikasi Indonesia. Dan
sejak 1995, PT. Telekominikasi Indonesia menjadi perusahaan publik (perusahaan
terbuka) hingga saat ini. Tak hanya dari segi kelembagaan, tranfosmasi Telkom
juga menyentuh aspek bisnis sesuai dengan perubahan lingkungan dan tuntutan
industrinya. Bisnis Telkom yang semula hanya mengoperasikan telegraf, kemudian
layanan telepon, Telkom beranjak ke bisnis FMM (Fixed Mobile & Multimedia)
dan kini beroperasi di portofolio TIME (Telecommunication, Information, Media
& Edutaiment).
Telokom memiliki sejarah panjang
dan mengakar di benak seluruh bangsa Indonesia. Sekalipun beberapa milestonepenting telah dilalui Telkom,
namun awal pelayanan jasa telekomunikasi berupa layanan telegraph
elektrpmagnetik pertama di Indonesia menandakan dimulainya era baru bagi bangsa
ini untuk melakukan komunikasi melalui sebuah teknologi modern saat itu.
Pengoperasian perdana telegraph elektromangnetik yang menghubungkan Batavia
(Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada 23 Oktober 1856 telah menjadi awal mula
pelayanan jasa Telekomunikasi di negeri ini. Oleh karena itu tanggal tersebut
ditetapkan menjadi hari jadi Telkom.
Penentuan tanggal 23 Oktober
sebagai hari jadi Telkom bukan alasan yang kuat dan mendasar. Tanggal kelahiran
Telkom ditentukan setelah melakukan beberapa study literatur mendalam ke beberapa sumber autentik, diskusi dengan para
sesepuh dan pendahulu, dan beberapa
pembahasan dengan manajemen yang akhirnya pada Rapat Gabungan (Ragab) antara
Direksi dan komisaris Telkom tanggal 25 Pebruari 2009, maka manajemen
memutuskan tanggal tersebut sebagai hari jadi Telkom.
Hari jadi Telkom diluncurkan dan
diperingati untuk pertama kalinya pada 23 Oktober 2009 sebagai hari ulang tahun
Telkomyang ke 153 bersamaan dengan peluncuran new Telkom. Dikatakan new Telkom
karena kita memiliki business portfolio yang baru, carporate ID/Brand baru,
positioning baru dan tagline yang baru pula.
Kini Telkom menjadi satu-satunya
operator TIME di Indonesia yang memiliki visi untuk menjadi pemain regional
yang handal. Diharapkan dengan ini jati diri Telkom menjadi semakin jelas dan
semakin menampakkan eksistensi serta karyanya bagi banngsa, negara dan kita
semua.
Berikut ini adalah Struktur
Organisasi pada Kandatel PT.Telkom Jakarta Timur, Tbk, sebagai berikut:s
3.3. Blok Diagram Jaringan
Sebuah
rangkaian kerja terkomputerisasi dengan satu server,satu komputer sebagai
server program, 5 komputer sebagai workstation dengan 1 printer di ruang
Manager dan 2 printer diruang Staff yang membentuk LAN.Berikut gambar rangkaian
pemprosesan data dan penyampaian data setelah diproses di department
Purchasing.
|
Proses kerja LAN pada PT.Telkom Jakarta Timur yaitu saling mengambil data dan memberikan data
antar workstation.Alamat IP yang digunakan adalah kelas A yaitu rentang IP
Address antara 1-126 pada server,maka alamat IP berikutnya tinggal mengurutkan
saja.LAN pada tempat dimana penulisan melakukan PKL/Riset menggunakan TCP/IP
atau pengalamatan standard yang digunakan untuk kesemua peripheral yang ada.
Jika telah terinstal biasanya
protocol Netbeui tidak membutuhkan konfigurasi lebih lanjut untuk membuat
bekerja.Namun dengan TCP/IP anda harus memeriksa sejumlah setting untuk memastikan
komputer-komputer dijaringan biasa
terkoneksi.
2.2.3. Spesifikasi Prangkat keras
Spesifikasi perangkat kerasdalam hal ini adalah sebuah analisa LAN yang terpasang pada tempat penulis melakukan PKL/Riset yaitu PT. Telkom
JakartaTimur Dimana ruang
kantor dibagian Purcaching Order dengan menggunakan 21 komputer yang terkoneksi
dalam LAN. Adapun spesifikasi LAN yangada yaitu
1. Komputer Server
Spesifikasi server yang dipakai pada tempat penulisan
melakukan PKL/Riset adalah : Prosessor
Intel Xeon 3.4 GHz processor standard (up to 2 supported,integrated 2Mb level 2
cache,standard memori 512 MB PC2-3200 DDR2 SDRAM (400MHz),NC7761 PCI Gigibit
NIC (embedded),integrated dual channel ultra 320 SCSI adapter,hard drive none
ship standard (up to 6 supported),internal storage 24 TB maximum hot plug SCSI
9with optional drive cage & hard drives0,48x IDE (ATAPI) CD-ROM Drive,144
MB Diskette Drive,tower dan menggunakan windows 2003
2.
komputer client
Kecepatan sebuah laju dalam jaringan computer
sangat di pengaruhi oleh spesifikasi computer yang terangkai dalam jaringan
,spfisikasi computer client dalam jarngan sangat beragam , untuk
mengetahui secara detail
masing-masingkomputer client penulis
mngambil salah satu computer di ruang server yang spesifikasinya cukup mewakili
computer-komputer client dan untuk IP addreas dibuat secara obtain/otomatis.
Motherboard
|
ECS GF7050VT-MS
|
Prosesor
|
Dual core 2.2 Ghz
|
Memory
|
V-GEN 512 MB
|
Hard disk
|
SEAGATE 80 GB
|
Lan card
|
ON BOARD
|
Vga
|
ON BOARD
|
Sound card
|
ON BOARD
|
Monitor
|
SAMSUNG 14”
|
Keyboard
|
LOGITECH PS/2
|
Mouse
|
LOGITECH PS/2
|
1.
Workstation
Komputer-workstation pada
LANyang
penulis analisa mempunyai spesifikasi yang sama dengan komponen
sebagaiberikut .Processor intel Pentium
IV,2.xx
Ghz,RAM 1 Gbyte,Harddisk 160 gyga Byte,VGA onboard 64 M,disk drive 3,5
floppy,monitor LCD 17”,keyboard dan mouse jenis serial,modem
onboard,system operasi yang dipakai adalah Micrososft
windows Xp service pack2.
4. Media Transmisi
Kabel dalam sebuah jaringan digunakan sebagai media
transmisi.Meskipun sekarang sudah ada teknologi
tanpa kabel (wireless) namun
dalam sebuah perusahaan kabel masih efektif digunakan karena lebih mudah dalam
pengoperasiannya,seperti halnya pada PT. Telkom
Jakarta Timur,dimana
jenis kabel yang digunakan adalah kabel UTP RJ-45.
Pemasangan media transmisi berupa kabel ini memang tidak
terlalu sulit apabila kita mengetahui caranya.Namun demikian kita tetap harus
berhati-hati dalam memasang kabel ini karena jika kabel konektor sudah
terpasang tidak bisa dibuka kembali dan untuk memperbaiki kita harus memotong
kembali kabel tersebut dan konektor RJ-45 akan terbuang.
Berikut aturan pemsangan kabel dalam sebuah jaringan:
a.
Ukuran kabel UTP
dari hub ke server,maksimal 8 meter
b.Ukuran panjang kabel UTP dari hub
keworkstation diruang server,maksimal 12 meter
c.
Panjang kabel UTP dari hub ke workstation pada ruangan lain maksimal 100 meter. Urutan
Kabel pada PT. Telkom
Jakarta Timuradalah sebagai berikut :
Ada 2 jenis tipe pemasangan kabel UTP pada konektor RJ-45 yaitu tipe
straight dan tipe cross.Sama halnya yang terpasang pada :PT.Telkom Jakarta Timur
1. Tipe Straight
Tipe straight artinya
ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel
yang sama sesuai dengan standar EIA/TIA 568B.Tipe ini digunakan untuk menghubungkan
antara PC ke Switch,Router ke Swicht,Router ke Hub dan PC ke HUB
2. Tipe Cross
Penyusunan kabel secara silang digunakan untuk koneksi antara PC ke
PC,Switch/HUB ke Switch/HUB dan PC ke Route
6. Kartu Jaringan atau LAN Card
Secara kasat mata LAN Card dapat kita kenali dengan mudah dari
bentuknya yang umumnya memiliki port seperti yag terdapat pada telepon namun
sedikit lebih besar.Seperti halnya LAN Card yang digunakan pada PT. Telkom Jakarta Timur
adalah onboard,dimana kartu jaringan tersebut telah
terpasang pada mainboardnya (satu paket dengan mainboad).
Setelah LAN Card
terpasang pada komputer,langkah selanjutnya adalah mengecek apakah LAN Card
sudah dikenali oleh operating system computer caranya adalah:
1. Buka Windows Explore,klik Start – All Program –
Accessories – Windows Explorer dapat juga melalui klik kanan pada Start Menu
kemudian klik Explore pada menu pop-up yang muncul.
2. Setelah jendela Windows Explore terbuka,klik
kanan My Computer dilanjutkan dengan
meng-klik Properties pada menu pop-up.
3. Berikutnya akan ditampilkan jendela System
Properties
4. Klik tab Hardware lalu klik tombol Divice
Manager.
5. Berikutnya akan tampil jendela Divice Manager
6. Selanjutnya
kliklah pada bagian Network Adapters,jika ada tulisan …Ethernet Adapter,berarti
LAN Card sudah dikenali oleh operating system.jika sudah yakin klik tombol
Close saja.
3.2.5 Topologi
Topologi yang digunakan dalam jaringan yang
terbentuk pada PT.Telkom
Jakarta Timur adalah topologi bintang dengan pertimbangan kemudahan akses kedalam jaringan dan keamanan data
tinggi.namun kelemahan dari topologi ini adalah apabila system server mati,maka
diuser akan jugs mati.
7. Hub
Hub pada tempat
penulisan melaksanakan PKL/Riset diperlukan,sebab dalam LAN yang ada terdapat
banyak computer workstation,proses data yang pertimbangan kemudahan adalah
D-Link 16 port.hub yang di gunakan pada Telkom Jakarta Timuradalah
D-Link 24 port.
8. Printer
Printer yang digunakan pada
tempat penulisan melaksanakan PKL/Riset di bagian purcaching order yaitu Epson LQ 2180 dan Stylus C90.
9.Acces point
Acces point bisa di analogikan dengan hub atau repeater
(pada wired LAN) acces point dapat
menerima dan meneruskan sinyal dari/ke berbagai peralatan WIFI, acces point
juga dapat menggabungkan jaringan wireless dengan wired dan dapat memperbesar
WLAN.
Adapun jenis acces point yang di gunakan pada jaringan
PT.Telkom jakarta timur adalah acces
point lynksys Wa-2360AP.
Sumber:Darianto Drs,
2003
Gambar: access point
2.2.3spesifikasi perangkat lunak
Spesifkasi perangkat lunak yang digunakan pada PT.T
elkom Jakarta Tmur adalah sebagai berikut:
A.
Komputer Seever
Tabel II….
spesifikasi perangkat lunak server
Operating System
|
Windows server 2003 R2 (5.2,built 3790)
|
Data Base System
|
MS SQL SERVER 2005
|
Anti Virus
|
Kaspersky 6.0 for windows server
|
Sumbert: staff
IT PT.Telkom Jakarta timur
B.
Computer Client
Tabel II….
Spesifikasi perangkat lunak Client
Operating system
|
Windows XP professional SP2
|
Anti Virus
|
Smadav , Avira dan Ansav
|
Application
|
Open office, firefox,adobe reader dll
|
2.2.4
Keamanan jaringan
Setelah
penulisan melakukan PKL/Riset dan metode dalam penulisan ini,dalam menganalisa
system LAN pada PT.Telkom
Jakarta Timur.Beberapa hal yang bisa penulis analisa adalah :
Sistem
LAN yang terdapat pada PT.Telkom
Jakarta Timuradalah jenis client-server,client adalah komputer
yang terhubung ke server untuk menggunakan sumber daya yang ada (workstation) sedangkan server yang
digunakan ada 1 unit yang terdapat disamping ruang kerja departemen office
,server ini adalah sebuah computer yang dilengkapi software khusus yang
mengawasi segala sesuatu dijaringan.komunukasi antar client harus log on ke
server,sebelum client tersebut bisa menggunakan sumber daya yang terpasang pada
server.Server dalam hal ini mengotentikan client apakah computer client
tersebut mempunyai izin untuk masuk kejaringan.server melakukan dengan
memeriksa nama log on pengguna terhadap database pengguna sah yang dibuat oleh
administrator jaringan.jika user name-nya ada di database,client tersebut dapat
menggunakan sumber daya yang ada pada server.
Disamping
keamanan yang bisa didapat pada jaringan, jaringan client server juga memberikan
keuntungan sebagai berikut:
a.
Server bisa berperan
sebagai lokasi penyimpanan pusat yang bisa di jangkau setiap orang di dalam
jaringan. Karena server selaluhidup, kita bisa menggunakan untuk menyimpan gambar, file yang di dowload
dari internet dan dokumen lain yang ingin digunakan bersama oleh setiap
pengguna. File-file selalu tersedia bagi pengguna yang diautentifikasi oleh
server
b.
Kita bisa memproteksi
file dengan password. Server akan akan mengotensi pengguna sebelum bisa
mengakses server, mereka juga membutuhkan password untuk file yang suda di
proteksi.
c.
Kita bisa memanggil dan
menjalankan applikasi dari server bukan mengistalnya keseluruhan. Dengan cara
ini kita bisa yakin orang di jaringan menggunakan program yang sama dan bisa
berbagi file dengan mudah selain itu juga bisa memperbaharui sebuah program
dari versi sebelumnya hanya dengan update diserver. Namun menjalankan aplikasi
diserver bisa menurunkan kinerja jaringan secara keseluruhan khusnya jika
banyak penguna yang mengakses aplikasi tersebutn secara bersama.
d-Server pada jaringan client server
bisa berperan sebagai pusat pesan untuk email dan diskusi. Kita bisa
meninggalkan sebuah pesan pada server yang bisa dibaca dan direspon setiap
pengguna dijaringan
2.2.5
permasalahan pokok
permasalahan pokok pada sistem
jaringan yang ada pada PT.Telkom Jakarta Timur adalah sebagai berikut:
1.
Lambatnya proses login clien pada saat star awal
koneksi ke jaringan dan terkadang login clien error
2.
Masih digunakannya hub pada salah satu rangkain yang
ada di ruang administrasi yang dirasa kurang efektif untuk sistem jaringan pada
PT. Telkom jakarta Timur yang sangat mementingkan akses cepat.
3.
Kerusakan kabel jaringan dan RJ45 pada beberapa
clien karena masa pemakaian yang cukup lama yang mengakibatkan sering putusnya
koneksi client dengan server.
Didalam
perkembangan LAN yang ada pada PT.Telkom
Jakarta Timursudah lebih dari cukup untuk disesuaikan dengan
kebutuhan yang ada lewat penggunaannya.Hanya saja terkadang masih saja terjadi system server
mati.sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam entri data, dan juga terkadang
terjadi higth load.
2.2.6
Pemecahan
Masalah
Pada sebagian besar jaringan jenis client server.komputer hanya akan di
khususkan pada tugas sebagai server dan tidak digunakan sebagai tempat
untuk pekerjaan sehari-hari. Pekerjaan yang dilakukan server dan informasi yang
disimpan di dalamnya hanya yangsangat penting saja, dalam hal ini kita tidak
bisa mempertaruhkan kehilangan informasi apapun dengan memperbolehkan staf
untuk menggunakan komputer server sebagai komputer pribadi mereka.langkah yang
juga perlu diambil yaitu dengan menambah memori pada setiap komputer.
Pencegahan
jika komputer server mati hanya diperuntukkan jika terjadi hilang daya akibat matinya
listrik yaitu dengan pengadaan UPS yang bisa menghindari kehilangan data atau
rusaknya sistem akibat matinya komputer yang tidak sesuai prosedur. Dalam hal ini penggunaan UPS sudah
menjadi standard baku pada jaringan.
Serta setiap permasalah yang ada pada jaringan
terutama pada koneksi antara server dan client adalah:
1.
maintenecea
server baik dari segi perangkat keras ataupun perangkat lunak yaitu dengan
memperbaiki atau menganti perangkat keras yang sudah tidak layak pakai dan
untuk perangkat lunak bisa dengan cara men-disable sebagian dari GPO (group
police object) pada windows server 2003 yang di tujukan untuk melakukan
konfiguration dan user configuration. Dengan men-disbel sebagian dari
configuration yang tidak di gunakan
lagi, otomatis akan membuat proses login lebih cepat.
2.
Mengganti
hub dengan switch untuk mempercepat
akses data , adapun switch yang di susulkan yaitu switch linksys SD2011 16
port.
3.
Mengganti
kabel jaringan serta RJ45 yang sidah tidak layak pakai.
1.2.7. Skema Jaringan Usulan
Pada gambar usulan diagram
blok jaringan yang menjadi perbedaan
dengan diagram blok jaringan yang ada pada PT.Telkom jakarta Timur
adalah sudah tidak di gunakan perangkat hub sebgai penghubng tetapi di lakukan
pergantian dengan perangkat switch , karena switch tidak mempengaruhi
bandwindth yang tersedia untuk setiap port.
1.2.8. Analisa Biaya
Untuk mengatasi permasalahan
–permasalahan yang ada pada sistem jaringan pada PT.Telkom jakarta Timur
tentunya memerlukn anggaran biaya untuk pembelian perangkat jaringan yang belum
ada atau pergantian perangkat jaringan yang sudah tidak layak pakai, berikut perkiraan
anggaran biaya yang di perlukan:
Nama barang
|
jumlah
|
harga satuan
|
total harga
|
Switch linksys sd2011 16 port
|
1
|
RP.550.000
|
RP.550.000
|
Amp cabel utp cat 5e(100mter)
|
5
|
RP.305.000
|
RP,1.525.000
|
Rj45 ori amp/50 pcs
|
5
|
RP. 100.000
|
RP, 100.000
|
TP-Link TL-R480T+
|
2
|
RP, 1.098.000
|
RP 2.960.000
|
HL-2150N
Printer Laser Mono
|
1
|
Rp 1.817.301
|
Rp 1.817.301
|
Total biaya:
|
RP.10.301.000
|
No comments:
Post a Comment